Disisi Klaim

Ini hanyalah catatan pribadi yang berisi hal-hal yang pernah dialami penulis terutama tutorial di seputar dunia maya. Tujuannya sebagai media untuk nyangcang ilmu dan share. Hasil dari cumat-comot banyak sumber yang ditransiterasi ulang oleh sim kuring. Mohon maaf jika sumber asalnya tidak semuanya dicantumkan... Kalau ada yang berguna silahkan sahaja ambil, tanpa basa-basi juga gpp koq. yang penting bisa digunakan untuk kebaikan. jikalau disalahgunakan, saya tegaskan "SAYA BERLEPAS DIRI DARI ITUH". Kalau ada kaedah yang salah, mohon dikoreksi ya, agar ilmunya tidak menyesatkan.

Thursday, March 10, 2011

CARA MENGISI GAP (GAP FILL) LANDSAT 7 (SLC-OFF)

Pada tanggal 31 Mei 2003 instrumen/sensor Scan Line Corrector (SLC) di ETM + mengalami kerusakan. Semua image yang diambil setelah tanggal tersebut memiliki celah/gap, sehingga ada data yang hilang sekitar 20%.

Salah satu cara untuk meminimilisasi gap tersebut adalah dengan mengisi gap citra landsat utama dengan citra landsat yang lain, yang memiliki bagian gap yang berbeda.

Untuk citra pengisinya, sebaiknya diambil citra pada tahun yang sama tapi bulan pemotretannya yang berbeda. Untuk cara mendapatkan citra landsat, bisa melihat pada tutorial disini.

Dengan bantuan software "Frame and Fill" dari envi, kita dapat mengisi Gap Landsat 7. Softwarenya silahkan download dari siniH.

Berikut langkah-langkahnya :


I. PERSIAPAN


- Download software "Frame and Fill" dari link diatas. Extract file tersebut (GAPFILL.rar) di drive yang memiliki space yang besar, minimal ada 5 GB free space karena prosesnya membutuhkan ruang hardisk yang besar.
- Contohnya saya extract file tersebut di drive D, berikut struktur directory hasil extract file "GAPFILL.rar" :
Penjelasan struktur directory diatas :

1. Folder "anchor", masih kosong dan nantinya diisi dengan file-file hasil extract dari landsat utama yang akan diperbaiki/diisi gap-nya.
2. Folder "fill_scene_1", "fill_scene_2" dan "fill_scene_3", adalah folder-folder untuk file-file (hasil extract) dari landsat-landsat pengisi sebagai penambal/pengisi gap di landsat utama yang ada di folder "anchor". Sebenarnya untuk folder "fill_scene" ini minimal harus ada 1 ("fill_scene_1") sebagai pengisi gap bagi landsat utama. Lebih banyak folder "fill_scene" tentunya akan lebih baik lagi karena akan mempengaruhi kualitas pengisian gap bagi landsat utama, akan tetapi konsekuensinya akan membutuhkan waktu yang lama dan memakan resource harddisk yang besar pula.
3. Folder "Frame_and_Fill_Software" berisi software "Frame and Fill" untuk menjalankan proses pengisian gap pada landsat 7 (SLC-OFF)ini.

TUK-TUK :
- Format penulisan untuk folder-folder "anchor", "fill_scene_1",..etc. adalah format default dari software "Frame and Fill", so jangan merubah folder-folder tersebut tapi isi dalam foldernya saja yang diubah.
- Untuk pemilihan landsat utama dan landsat pengisi, pilihlah landsat dengan persentase awan paling sedikit untuk landsat utama, kemudian presentase awan yang agak besar untuk landsat pengisi ke-1.. dst.



II. PERSIAPKAN LANDSAT UTAMA DAN LANDSAT PENGISI

Dari tutorial "Cara Download Citra Landsat GRATIS dari USGS" (link yang inih)kita mendapatkan 3 buah citra landsat, dengan urutan ID sebagai berikut :
1. ID: LE71270612010144SGS00,
2. ID: LE71270612010160SGS00 dan
3. ID: LE71270612010288SGS00.

Ketiga Landsat diatas diambil pada tahun 2010 dengan bulan yang berbeda-beda. Landsat yang ke-1 akan kita jadikan sebagai landsat utama karena memiliki prosentase awan yang paling sedikit (8%). Landsat ke-2 kita jadikan sebagai Landsat pengisi ke-1 dan landsat ke-3 untuk landsat pengisi ke-2.
========================================================================
UPDATE 08-03-2017 :

Semenjak awal tahun 2013 ada perubahan struktur penamaan pada setiap band dari Landsat 7 ini, seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini :



Coba perhatikan gambar diatas, kolom yang di sebelah kiri adalah struktur penamaan yang baru untuk setiap band dari Landsat 7, sementara di kolom sebelah kanan adalah struktur penamaan setiap band untuk Landsat 7 yang lama (sebelum tahun 2013).

Sementara itu, aplikasi GapFill yang digunakan pada tutorial ini hanya mengenal struktur penamaan scene untuk landsat 7 yang lama (tidak support untuk landsat 7 yang baru).

Untuk mengatasinya maka jika kita menggunakan Landsat 7 yang baru (tahun 2013 ke atas),  terlebih dahulu mesti merubah (rename) nama file-file di setiap band-nya ke struktur file yang lama , misalnya file untuk file band1 (B1) yang awalnya LE71220652012147PFS00_B1.TIF  (struktur penamaan file baru), diubah menjadi file LE71220652012147PFS00_B10.TIF (struktur penamaan file lama), perubahannya ada pada teks yang diberi warna merah (antara B1 dan B10).  Begitupun untuk band-band yang lainnya (B2-B8) mesti diubah juga struktur penamaannya, strukturnya bisa dilihat lagi pada gambar diatas.
========================================================================

Extract ketiga landsat diatas dan jangan lupa jika menggunakan Landsat 7 yang baru (diatas tahun 2013) untuk merubah struktur nama file setiap band-nya ke struktur penamaan file Landsat 7 yang lama (lihat penjelasan di UPDATE 08-03-2017 diatas).

Selanjutnya masukkan file-file hasil extract diatas dengan ketentuan seperti berikut ini :
1. Landsat ke-1 (LE71270612010144SGS00), dimasukkan ke folder "anchor"
2. Landsat ke-2 (LE71270612010160SGS00), dimasukkan ke folder "fill_scene_1", dan
3. Landsat ke-3 (LE71270612010288SGS00), dimasukkan ke folder "fill_scene_2"

Lakukan pengecekan awal untuk mengetahui perbedaan posisi stripping (GAP) dari tiap-tiap landsat. Untuk pengecekannya, kita ambil salah satu band (file .TIF) dari masing-masing landsat dan dibuka dengan software “Global Mapper” atau software lainnya. Apabila posisi stripping antara landsat utama dan landsat pengisi sama, maka proses "FRAME AND FILL" percuma saja dilakukan karena landsat pengisi tidak akan bisa mengisi gap di landsat utama. Makanya hal ini perlu dilakukan sebelum menuju ke langkah selanjutnya.


III. MENJALANKAN SOFTWARE "FRAME AND FILL" DAN PROSES GAP FILL


Dari folder "Frame_and_Fill_Software", jalankan file "frame_and_fill_win32.exe", tampilannya seperti berikut :
Klik button "frame_and_fill_win32"
Klik "Click to Continue" dan selanjutnya akan muncul tampilan "Frame and fill" seperti gambar dibawah ini :
Klik "RE-FRAME SLC-OFF", maka akan muncul menu "Reframe_L1T Parameter" yang secara default tampilannya seperti gambar berikut ini :
Kemudian kita isi parameter di "Reframe_L1T Parameter" seperti berikut :
1. NUMBER OF FILL SCENES?; ini disesuaikan dengan banyaknya landsat pengisi yang akan kita gunakan, dalam contoh ini kita gunakan 2 buah landsat pengisi yang dudah kita masukkan ke folder "fill_scene_1" dan "fill_scene_2". Maka pada bagian ini kita isi dengan angka 2.
2. DIRECTORY PATH TO SCENE FOLDERS?; ini adalah lokasi direktory dari folder-folder "anchor", "fill_scene_1",..etc. Dalam contoh ini saya tempatkan semua folder tersebut di Drive D, dengan folder "GAPFILL" (D:\GAPFILL), maka pada bagian ini saya isi : "D:\GAPFILL\" (tanpa tanda petik dua). Perhatikan penulisannya mesti "D:\GAPFILL\" bukan "D:\GAPFILL". Tanda backslash (\) diakhir harus disertakan yo. Lebih jelasnya perhatikan gambar yang berikut ini :
Laku klik tombol "SUBMIT" dan tunggu proses reframe ...
Berikut adalah tampilan setelah proses Reframe selesai/complete:
Biarkan tampilan "Reframe_L1T Parameter" seperti diatas (jangan diclose), sekarang kita kembali ke tampilan "Frame and fill" sebelumnya, yang ini lho :
Nah, sekarang yang kita lakukan adalah menekan tombol "GAP FILL SLC-OFF" maka akan muncul menu baru, yaitu "Gap Fill Parameter" yang secara default seperti gambar berikut ini :
Untuk cara mengisi parameter-parameter di bagian ini, ikuti langkah seperti pada gambar di bawah ini :
Penjelasan langkah-langkah dari gambar diatas :
1. NUMBER OF FILL SCENES?, disi dengan 2 (sama dengan di "Reframe_L1T Parameter").
2. PATH TO SCENE FOLDERS?, biarkan default alias jangan diubah-ubah ya...
3. BAND SELECTION, disini kita bebas menentukan apakah mau semua band (kecuali band_62 dan band_8) atau hanya sebagian band saja yang akan diisi Gap-nya. Pada contoh ini kita pilih saja (Klik) tombol "All Bands".
4. Seteleh semua parameter ditentukan, selanjutnya klik tombol "SUBMIT". Tunggu sampai proses Gap Fill selesai dilakukan...
Proses pengisian gap ini memerlukan waktu yang lama, karena proses yang dilakukan sebanyak 7000 lines untuk setiap band dan scene.
Jika semua berjalan lancar dan proses pengisian gap sudah komplit, maka tampilannya akan seperti ini :

Untuk keluar dari program "FRAME AND FILL", kita kembali ke tampilan "Frame and fill" lalu klik tombol "DONE".


IV. DIMANAKAH HASILNYA?


Hasil proses "FRAME AND FILL" diatas ada di folder "anchor", untuk jelasnya perhatikan screen shot berikut ini :
Perhatikan file-file yang dikotak merah pada gambar diatas, untuk setiap file .TIF dari masing-masing band (kecuali band_62 dan band_8) akan ada dua penambahan file .TIF baru dengan extensi tambahan "_reg" dan "_reg_filled". File dengan extensi tambahan "_reg" adalah hasil proses "Reframe", dan file dengan extensi tambahan "_reg_filled" merupakan hasil dari proses "Frame and Fill".

Pertanyaan selanjutnya adalah manakah file-file hasil akhir dari proses "FRAME AND FILL"?
Jawabannya adalah file-file .TIF dengan extensi tambahan "_reg_filled" dan dua buah file .TIF (band_62 dan band_8), karena kedua file ini tidak ikut diproses oleh software "FRAME AND FILL". Saya juga kagak tahu kenapa kedua file tersebut tidak sekalian diproses?.

Untuk file-file yang lainnya, apabila tidak diperlukan maka bisa kita hapus termasuk file-file di folder "fill_scene_1", "fill_scene_2"...etc. Ini contoh hasil akhir file-file pada percobaan ini :


V. BANDINGKAN HASILNYA


Untuk melihat perbedaan hasil citra landsat sebelum dan sesudah di- "GAP FILL" bisa mengikuti pada tutorial cara "NgeBANDs"

Berikut adalah screen shots citra landsat sebelum dan sesudah di-"GAP FILL" (perbandingan Ini adalah hasil tutorial "NgeBANDs" dengan algorithm "RGB 542")

Citra Landsat Utama (Sebelum di-"GAP FILL")

Citra Landsat Utama (Setelah di-"GAP FILL")
@NY280111

Link download tutorial ini : http://www.mediafire.com/?c2kdbczjiozndos

54 comments:

  1. Mohon pencerahan : baru masukkan direktory kok sudah muncul
    -->Error : GeoTIFF anchor file not recognized. Re-enter direktory

    apa yg salah ya Mas Bro????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan lagi cara penulisan directory-nya, biasanya lupa menambahkan tanda BACKSLASH (\) diakhir penulisan directory-nya. Misalkan pada contoh diatas disimpan di drive D:\GAPFILL\.

      Maka penulisan adalah : D:\GAPFILL\
      bukan : D:\GAPFILL
      *) Coba perhatikan bedanya hanya pada tanda "BACKSLASH" (\) yang ditempatkan diakhir directory dan ini mesti dituliskan.

      Delete
    2. Sudah pake tanda backslash kok masih tetap sama ya?? ato karena sy pake windows 8 jadi g bisa?

      Delete
    3. Coba pakai cara seperti di gambar berikut ini mas :

      http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png

      Delete
  2. tipe data masukan pada anchor n fill_scene itu apa ya ?? saya sudah mengikuti langkah kok masih -->Error : GeoTIFF anchor file not recognized. Re-enter direktory ?? padahal juga sudah pakai BACKSLASH" (\)?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya bisa dicoba pada gambar di link berikut:

      http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png

      Delete
  3. mas, berlaku gak teknik ini untuk landsat 7??
    saya pakai citra yang didownload di situs univ.of maryland, p129r59 (pulau nias), prosesnya lancar tanpa cacat tapi hasilnya gak bisa, gap strippingnya masih ada..kenapa bisa dan bagaimana solusinya??

    ReplyDelete
  4. Ini emang untuk Landsat 7 mas.
    Landsat yang dipakai berapa jumlahnya? minimal gunakan 2 Landsat, tentukan sebuah landsat yang prosentasi awannya paling sedikit sebagai Landsat utama dan landsat yang lainnya sebagai Landsat Pengisi strippingnya.
    Untuk Landsat pengisinya gunakan landsat pada tahun yang sama dan cari yang stripping-nya berbeda dengan stripping di landsat utama agar bisa menutupi stripping di landsat utama.

    ReplyDelete
  5. oke mas...akan saya coba ,lagi...
    mas, boleh minta postingan tentang cara menghilangkan awan di citra landsat 7 dengan ermapper dong...

    ReplyDelete
  6. Oke, semoga berhasil mas. Saya mohon maaf tidak bisa memposting tutorial yang anda minta dikarenakan saya belum pernah melakukannya. Coba cari di blog berikut, mudah-mudahan bisa menjadi referensi :
    http://mbojo.wordpress.com/link-download/

    ReplyDelete
  7. yang bisa di proses oleh software ini hanya software yang typenya .TIF saja? bagaimana untuk citra yang type filenya .jpeg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, software ini hanya bisa memproses data citra dalam format .TIF saja.

      Delete
  8. mas sy sudah mengikuti semua prosedur yang ada, hasilnay jadi semua hanya pada band 7 tidak terjadi apa2, dan setelah sy cek file note pad yang ada di folder ada tulisan --> -->Error: GeoTIFF filler file not recognized.
    kira2 masalahnya apa ya mas, terjadi hanya pada band 7 saja
    terima kasih atas jawabannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena perbedaan penamaan file antara landsat yang lama dengan yang baru, kalau boleh tahu format penamaan file setiap band-nya seperti apa ya.?
      Untuk memproses landsat 7 yang baru, ikuti langkah pada gambar berikut ini sebelum melakukan proses Gap Fill :
      http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png
      Semoga berhasil.

      Delete
  9. Mohon bantuan, pada saat saya klik SUBMIT pada tahapan GAP FILL SLC-OFF muncul "The following error was encountered: OPENW: Error opening file. Unit: 100, File: C:\GA\gapfill_output.txt Please consult the supplier application" kira-kira apa masalahnya ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pindahkan prosesnya ke drive selain drive C, di beberapa kasus (windows 7/8) ada security apabila hendak melakukan baca tulis di drive C.

      Delete
  10. asslamualaykum. mas mhon bantuaannya.. mas mau nanya... ksalahan2 apa saja yang membuat proses frame n fill ini gagal mas pada windows7.. cz sya dah mlkukan berulang2 kli namun hasilnya gagal terus.. tks mas

    ReplyDelete
  11. Wa'alaikumussalam Warohmatulloohi Wabarokaatuh.
    Bisa diinformasikan pesan kesalahannya apa saja mas bro?
    Kesalahan yang biasa terjadi adalah ketika lupa atau kurang menambahkan backslash (\) diakhir folder pada bagian "DIRECTORY PATH TO SCENE FOLDER".
    Akan tetapi sejak awal tahun 2013 ada perubahan struktur penamaan pada Landsat 7 ini sehingga sebelum melakukan GapFill harus merubah (rename) dahulu file-file setiap scene, sepeti pada gambar berikut :
    http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png

    InsyaAllah nanti saya buatkan videonya agar lebih jelas.

    ReplyDelete
  12. trus kalo yg mau di isi gap nya di band 6.2 gimana dong ? pleaseee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas kita belum pernah isi gap untuk band 6.2 dan aplikasi gap-fill ini tidak memroses band 6.2.
      Mudah2an rekan yang lain ada yang tahu caranya & mau share untuk kita.

      Delete
  13. ohhh gitu yahh,, thx buat info tapi saya juga pnya masalah, ketika mau di submit malah jadi error, katanya geotiff is not regonized. apa mmungkin karna saya download petanya d earthexplorer bukan di glovis yahh ?? mohon bantuannya yah soalnya mau pake buat skripsi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja sih Landsat 7 dari earthexplorer atau dari glovis, tetapi sejak awal tahun 2013 ada perubahan struktur penamaan pada Landsat 7 ini sehingga sebelum melakukan GapFill harus merubah (rename) dahulu file-file setiap scene, sepeti pada gambar berikut :
      http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png

      Delete
  14. Assalamu'alaikum,
    sebelumnya makasih ya infonya sangat bermanfaat. saya mau nanya, bisa ga ya kalo citra utamanya landsat 7 tapi citra pengisinya landsat 5 ? karena citra landsat 7 yang saya download selalu memiliki letak stripping ditempat yang sama. terima kasih ya mas, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam Warohmatulloh,
      Saya belum pernah mencobanya mbak, mungkin ada rekan-rekan yang lain yang pernah coba bisa share pengalamannya di sini.
      Kalau boleh saya tahu, Landsat 7 yang mbak download area mana ya?

      Delete
  15. area Jawa Barat mas, ternyata setelah saya coba bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bisa mah, boleh dong dishare step-step-nya. Sukses ya...

      Delete
  16. mas saya mau tnya..
    tutorial di atas apa bs diterapkan untuk landsat 8...jadi citranya akan dtambal sulam karena terlalu banyak tutupan awan..jadi citra 1 yg berawan akan ditambal dengan citra 2 yang tak berawan?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba di Landsat 8 dan landsat 8 tidak perlu di GapFill.
      Kalau untuk menambal area yang berawan, bisa dilakukan pakai GlobalMapper / ArcGis aja mbak.

      Delete
    2. Awan berbeda dengan gap, karena nilai spektralnya ada dan tinggi. Untuk itu lebih dahulu hrs diconvert dulu menjadi gap. Baru kemudian diisi. Silahkan baca artikel Sebastian Martinuzzi yang berjudul Creating Cloud-free Landsat Dataset in tropical landscape, di link berikut. www.fs.fed.us/global/iitf/pubs/iitf-gtr32.pdf

      Delete
    3. Referensi yang bagus, terima kasih atas sharingnya mas.

      Delete
  17. maaf mau tanya ? jika mau melakukan gap filling di software ini apakah citranya harus di koreksi radiometrik dlu, atau bisa setelahnya? trims

    ReplyDelete
  18. mas, apakah ada perubahan data citra sebelum gapfill dan setelah gapfill ? sperti nilai pikselnya apakah berubah?

    ReplyDelete
  19. Mas, mau tanya, saya udah ngikutin langkah-langkah gapfill di atas, backslash penutup udah, penamaan file juga udah disesuaikan dengan penamaan yang lama, tapi pas re-frame, masih belum bisa yaa?
    -->Error : GeoTIFF anchor file not recognized. Re-enter directory
    itu kenapa yaa, mas?? mohon bantuannya. makasii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak saya juga begitu.. sdh saya ubah penyimpanannya hingga saya cek format nama datanya

      Delete
    2. Sudah coba merubah struktur penamaannya? karena sejak awal tahun 2013 ada perubahan struktur penamaan pada Landsat 7 ini sehingga sebelum melakukan GapFill harus merubah (rename) dahulu file-file di setiap scene, sepeti pada gambar berikut :
      http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png

      Delete
    3. Assalamu'alaikum, saya memiliki masalah yang sama dengan mbak Dina, saya juga sudah mengubah struktur penamaan sesuai yang di tunjukkan tapi tetap saja eror...
      maaf merepotkan

      Delete
  20. Apakah ini bisa dijalankan juga untuk Landsat8, sebab aku barusan dwnld data L8 uda ada fill gapnya. thx

    ReplyDelete
  21. Tidak bisa mas, metode ini khusus untuk landsat 7 (slc-off). Landsat 8 langsung diproses aja mas. Terimakasih.

    ReplyDelete
  22. mas, ada tutorial cara menambal area yang berawan untuk data landsat 7 (slc-off) nggak? jadi citranya akan dtambal sulam karena terlalu banyak tutupan awan..citra 1 yg berawan akan ditambal dengan citra 2 yang tak berawan?tks

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah bisa gan, dengan pindah lokasi di C dan merubah format tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya ikut senang, terima kasih ya sudah mampir & memberi report.

      Delete
  24. mohon arahannya rekan semua..

    saya sudah cek format data penulisannya serta directory penyimpanannya. tetapi ttp tidak bisa.
    ttp muncul
    -->Error : GeoTIFF anchor file not recognized. Re-enter directory

    trimakasih
    Info lainnya:
    - OS Windows 7 pre
    - drive penyimpanan : disk D hingg dicoba semua drive
    - file saya extract dari hasil download ke folder tujuan "ancor","file 1 dan 2"

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah sukses processingnya, om...

    Mau share sedikit tips utk yg belum berhasil dan ingin proses tidak terlalu lama..

    Tips:
    1. semua file extract Landsat dari download diubah nama filenya dengan akhirannya semula _B1,B2,dst menjadi _B10,_B20,dst..(kecuali band 6..ikuti penjelasan comment diatas)
    2. Jika ingin proses lebih cepat maka file citra dapat di Clip (potong area yang penting saja/digunakan), dlm: proses ini saya menggunakan software Envi. selannjutnya proses sesuai tutorial diatas.
    3. untuk input dengan menggunakan landsat 8 sesuaikan penamaan filenya dan koordinat tentunya.

    Selamat mencoba....
    Terimakasih petunjuknya untuk admin..."Allah membalas segala kebaikan/ilmu yg dibagikan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya ikut senang juga mas. Terimakasih atas tips dan do'anya mas, semoga kita semua sama" mendapat berkah dari ilmu yang kita share.

      Delete
  26. permisi nunmpang cari ilmu...
    klo cara preprocesing landsat 7 gimana yah dan pake software apa???trimakasih

    ReplyDelete
  27. selamat siang mas aku udh coba langkah-langkah diatas tapi saat DIRECTORY PATH TO SCENE FOLDERS aku juga udah isi pas di submit malah softwarenya close
    itu kenapa yaa mas ??


    tolong dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang juga mbak Ditha,
      Maaf mbak, apakah sudah dicoba untuk merubah struktur penamaannya? karena sejak awal tahun 2013 ada perubahan struktur penamaan pada Landsat 7 ini sehingga sebelum melakukan GapFill harus merubah (rename) dahulu file-file di setiap scene, sepeti pada gambar berikut :
      http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/pecethea/beda_Tiff_File.png

      Delete
    2. selamat siang kak, saya mengalami masalah yg sama yaitu software close tiba tiba di tengah re-frame. padahal pada citra sebelumnya saya sudah berhasil tapi yg kedua ini nge close sendiri. mohon pencerahannya kak

      Delete
    3. ternyata kesalahan saya pada penamaan file .tif ...
      saya kira yang dirubah menjad 61 adalah 6_vcid1 saja, seharusnya file citra 6.tiff pun harus menjadi 61 bukan 60

      terimakasih atas ilmunya kak :)

      Delete